Tahapan Memulai Blog

17:00
Hallo agan and sista!

Saya hanya seorang newbie blogger atau bisa dibilang blogger yang masih 'amatiran' ,  dengan ilmu saya yang sedikit ini saya hanya ingin berbagi kepada kalian. Semoga ilmu yang 'sedikit' ini dapat bermanfaat yaa walau tidak terlalu besar manfaatnya. Postingan saya ini berdasarkan dari pengalaman saya dengan dunia Blogging.

TAHAPAN MEMULAI BLOG


Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara membuat akun google dan cara membuat blog. Atau jika kalian yang belum membacanya dan ingin mencoba untuk membuat silahkan bisa kalian baca disini:

CARA MEMBUAT BLOG .

Ketika kalian sudah selesai membuat blog, ada banyak TAHAPAN-TAHAPAN dalam MEMULAI BLOG yang harus kalian lakukan. Mulai dari mencari template yang SEO friendly, RESPOSIVE, enak dilihat dan semacemnya,memasang tag herflang memasang META tag dan masih banyak sekali TAHAPAN MEMULAI BLOG.
Baca juga : MEMBUAT META TAG SEO

Nahh sebelum mikir jauh jauh, alangkah baiknya kalian mmeperhatikan pesan dari google. Lihat gambar, nanti setalah kalian membuat blog, google akan mengirimkan pesan ke Gmail anda seperti pada foto dibawah ini.

Berikut TAHAPAN MEMULAI BLOG :


Point 1

Yang point ke-1, itu adalah kalian bisa ganti .blogspot.com kalian dengan domain lain.
Misalkan blog kalian http://www.id-ngblog.blogspot.com nah nanti kalian bisa ganti dengan http://www.id-ngblog.id atau httt://www.id-ngblog.com atau domain lainnya.
Bisa juga kalian ganti dengan nama lain, misal tadinya http://www.id-ngeblog.blogspot.com kalian ganti dengan gugel.com.

Untuk mengganti atau mendapatkan domain kalian harus membelinya, banyak kok reseller yang menjual domain. Namun hati - hati dalam membeli domain, banyak yang nipu.

Point 2

Point ke-2, yaa begitulah maksudnya. Tapi tidak terlalu ngefek kok asalkan kalian tidak mengotak-ngatiknya.

Point 3

Point ke-3, nah ini perlu banget. Kalian perlu mencantumkan tag herflang pada blog kalian. Jadi tujuan herflang ini bertujuan untuk menerjemahkan artikel yang kita buat sesuai dengan pengunjung. Codenya seperti ini:

<link rel="alternate" href="http://id-ngeblog.blogspot.co.id/" hreflang="x-default" />

Yang berwarna biru silahkan ganti dengan alamat blog sobat. Caranya mudah,


  1. Pertama, silahkan login pada blog kalian
  2. Buka dashboard 
  3. Edit Html
  4. Letakan code diatas tepat dibawah code <head>

Point 4

Point ke-4, menurut saya sih sama kaya point ke-2 itu. Tidak begitu nge-fek.

Point 5

Point ke-5. Point ini sangat berpengaruh untuk blog sobat. Artikel sobat bisa ter-index atau tidak tergantung sobat mengirimkan peta situs.  Codenya seperti ini,

/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Jadi seperti ini http://www.id-ngeblog.blogspot.co.id/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

code diatas untuk blog yang memiliki artikel dibawa 500 ya.

Itulah TAHAPAN MEMULAI BLOG.

Mungkin itu dulu yang bisa saya bagi.
Semoga bermanfaat, see you!

Just a Newbie Blogger, Not a Hacker

Artikel Terkait

Previous
Next Post »